GAYA HIDUP MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA PALEMBANG (Studi Pada Mahasiswa FoMO di Universitas Sriwijaya dan Universitas Muhammadiyah Palembang)

Authors

  • LISYA S PUTRI
  • Dadang Hikmah Purnama
  • Abdullah Idi

DOI:

https://doi.org/10.14203/jmb.v21i2.867

Keywords:

gaya hidup, media sosial, mahasiswa FoMO.

Abstract

Gaya hidup mahasiswa FoMO merupakan pola hidup yang di ekspresikan melalui aktivitas, minat, dan opini yang di dalamnya terdapat ruang sosial yang digunakan dalam mengimplementasikan gaya hidup. Tulisan ini mengupas gaya hidup mahasiswa pengguna media sosial yaitu mahasiswa FoMO di Universitas Sriwijaya dan Universitas Muhammadiyah Palembang. Tujuan dalam tulisan ini adalah untuk menunjukkan karakteristik gaya hidup mahasiswa FoMO, mengetahui ruang sosial yang digunakan dalam mengimplementasikan gaya hidup FoMO pada mahasiswa, dan untuk menunjukkan kelemahan dari mahasiswa FoMO, mengenai citra diri mahasiswa FoMO melalui gaya hidupnya. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif-verifikatif dengan strategi penelitian fenomenologi dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara secara mendalam, dokumentasi. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa gaya hidup mahasiswa FoMO dapat dikategorikan dari karakteristik, ruang sosial, dan citra diri yang melekat pada mahasiswa FoMO tersebut dimana gaya hidup merupakan pola yang membentuk kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari dalam sisi negatif dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlin Alfathri. 2006. Resistensi Gaya Hidup. Jakarta : Jalasutra.

APJII. 2012. Statistik Internet Indonesia (16). <

http://www.apjii.or.id/v2/read/article/Statistik/277/statistik-internetindonesia-.html > diakses pada tanggal 23 September 2018.

Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Featherstone, Mike, 2008. Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Kominfo. 2014. SIARAN PERS NO. 17/PIH/KOMINFO/2/2014. kominfo.go.id. Di akses pada tanggal 24 september 2018.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium. Jakarta:

Prehallindo.

Piliang,Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna. Yogyakarta : Jalasutra.

Przybylski AK, Murayama K, DeHaan CR, Gladwell V. 2013. Motivational, Emotional, And Behavioral Correlates Of Fear Of Missing Out. Computers In Human Behavior.

Rabathy, Q. 2018. Nomophobia sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Generasi Z.

Jurnal Linimasa Vol.1 No. 1. Universitas Pasundan.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. 2008. Teori Sosiologi Modern. Edisi Terbaru. Jakarta: Penerbit Kreasi Wacana

Suyanto, Dr. Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi, Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Surabaya : Prenada Media Groupa Cipta.

Young, K. S. (2010). Internet addivtion: a handbook and guide to evaluation and treatment. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Published

2019-11-09

Issue

Section

ARTICLES