PERS, KEMATIAN, DAN SENSASIONALISME: MEDIA EVENT DI KOMPAS.COM DAN DETIK.COM PRESS, DEATH, AND SENSATIONALISM: MEDIA EVENT IN KOMPAS.COM AND DETIK.COM

Authors

  • Chiara Anindya Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM)

DOI:

https://doi.org/10.14203/jmb.v17i3.320

Abstract

Abstrak Tulisan ini mendiskusikan media event melalui eksekusi mati narapidana perdagangan narkoba di Indonesia. Industri media di Indonesia menggunakan peristiwa tersebut sebagai komoditas bernilai tinggi. Eksekusi mati di Indonesia adalah media event karena menarik perhatian para pembaca dan mendorong mereka untuk terus menginginkannya. Data dikumpulkan dari dua portal media daring dengan tingkat kepadatan tertinggi, yaitu Kompas.com dan Detik.com berdasarkan indikator Alexa. Hasil riset menunjukkan bahwa pemberitaan eksekusi mati adalah sebuah media event yang sangat besar dalam pers daring Indonesia. Kata kunci: eksekusi mati, media event, pers daring, media daring, sensasionalisme Abstract This paper discusses the media events using the case of drug traffickers’ death execution in Indonesia. The media industries in Indonesia use these events as a high commodity product. Death executions in Indonesia can be considered as media events as they captivate the media audiences and encourage them to crave for more and more. The data were collected from two online media, namely Kompas.com and Detik.com, in which those two gain the highest traffic as indicated by the Alexa’s indicators. The analysis of media event shows bias towards sensationalism. Keywords: death execution, media event, online press, cyber media, sensationalism

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambardi, K., Parahita, G., Lindawati, L., Sukarno, A., & Aprilia N. (2014). Mapping Digital Media: Indonesia (Open Society Foundations). London, UK: Open Society Foundations. Diakses pada 24 Januari 2015. Terarsip dalam http://www. opensocietyfoundations.org/sites/default/fi les/mapping-digital-mediaindonesia20140326.pdf

Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia & Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia. (2014). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Diakses pada 6 Oktober 2015. Terarsip dalam http://www.apjii.or.id/upload/statistik/Surv ey%20APJII%202014%20v3.pdf.

Bissler, D. L. & Conners, J. L. (2012). The Harms of Crime Media: Essays on the Perpetuation of Racism, Sexism and Class Steriotypes. North Carolina, USA: McFarland.

Cohen, S. (2011). Folk Devils and Moral Panic. London, UK: Routledge.

Cohen, S., & Young, J. (Eds.). (1981). The Manufacture of News: Deviance, Social Problems and the Mass Media. London, UK: Constable.

Couldry, N., Hepp, A. & Krotz, F. (2009). Media Events in a Global Age. London, UK: Routledge. Dayan, D., & Katz, E. (2009). Media Events: The Live Broadcasting of History. Cambridge, USA: Harvard University Press.

Dewan Pers. (2012). Pernyataan Penting di Balik Etika Media Digital. Diakses pada 25 Januari 2015. Terarsip dalam http://www. dewanpers.or.id/detil.php?id=62.

Issue

Section

ARTICLES