INDONESIA DI TENGAH BELANTARA DIGITAL

MERDEKA ATAU TIDAK BERDAYA?

Authors

DOI:

https://doi.org/10.14203/jmb.v22i2.1117

Keywords:

Jagat digital, pembebasan, penguasaan, Indonesia

Abstract

Akhir-akhir ini kita sering mendapati kabar bohong atau hoaks yang muncul di lini masa media sosial kita. Menurut laporan isu hoaks dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) pada April 2019 tercatat sebanyak 486 hoaks teridentifikasi, 209 diantaranya adalah hoaks dengan kategori politik. Hoaks dengan kategori politik adalah berupa kabar bohong yang menyerang KPU dan Bawaslu calon presiden dan calon wakil presiden, serta partai politik peserta pemilu. Hoaks jenis itu mencuat karena pada saat itu adalah momen pemilu. Sepanjang Agustus 2018-April 2019 terkumpul laporan sebanyak 1.731 hoaks, terus meningkat pada 17 April saat gelaran pemilu berlangsung. Sebanyak 620 hoaks merupakan kategori politik, 210 hoaks merupakan kategori pemerintahan, 200 hoaks merupakan kategori kesehatan, 159 hoaks merupakan kategori fitnah, dan 113 merupakan kategori kejahatan, dan sisanya isu lainnya (detik.com).

Lalu kenapa penyebarannya sangat begitu cepat dan masif? Tak bisa kita mungkiri, bahwa perkembangan teknologi dan disrupsi di era digital melaju dengan cepat layaknya kendaraan yang melaju di jalan bebas hambatan (tol). Asumsi pengarang buku jagat digital ini akan media sosial adalah sebagai jalan raya gratis yang mana siapa pun dapat menggunakan layanan tersebut. Namun dibalik gratisnya layanan, tanpa kita sadari ada perangkap pengawasan (surveillance) dimana platform penyedia layanan dapat memasangi “jalan raya†tersebut dengan CCTV atau kamera-kamera pengawas. Gerak-gerik pengguna layanan dan data pribadinya terekam oleh kamera-kamera pengawas tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yoka Pramadi, Research Center of Society and Culture - Indonesian Institute of Sciences

References

Baran, S. J. (2014). Introduction to mass communica- tion: Media literacy and culture (Eight). Mc Graw Hill.

Biyani, P., Tsioutsiouliklis, K., & Blackmer, J. (2016). 8 amazing secrets for getting more clicks: Detecting clickbaits in news streams using article informality. Proceedings of the Thirtieth AAAI Conference on Artificial Intelligence (AAAI-16), 94–100.

Clinten, B. (2020). Jokowi: Ekonomi digital Indonesia terbesar di Asia Tenggara. Diakses pada 12 Agustus 2020 dari https://tekno.kompas.com/ read/2020/02/27/18010097/jokowi­­ekonomi­ digital­indonesia­terbesar­di­asia­tenggara.

Lyon, D. (2007). National ID cards: Crime­control, citizenship and social sorting. Policing: A Journal of Policy and Practice, 1(1), 111­118., https://doi.org/10.1093/police/pam015

Maharani, T. (2019). Kominfo identifikasi 486 hoax sepanjang April 2019, 209 terkait politik. Diakses pada 30 September 2020 dari https:// news.detik.com/berita/d­4532182/kominfo­ identifikasi­486­hoax­sepanjang­april­ 2019­209­terkait­politik.

Mosco, V. (2017). Becoming digital: Toward a post- internet society. Emerald Publishing Limited.

Perdew, L. (2017). Information literacy in the digital age. E. D. Schneider (Ed.). Abdo Publishing.

Pertiwi, W. K. (2020). Kasus kebocoran data di Indonesia dan nasib UU perlindungan data pribadi. Diakses pada 27 Agustus 2020 dari https:// tekno.kompas.com/read/2020/05/05/19080067/ kasus­kebocoran­data­di­indonesia­dan­nasib­ uu­perlindungan­data­pribadi?page=2.

Potter, W. J. (2019). Media literacy (Ninth). Sage Publication.

Pratama, K. R. (2020). Server cloud Google di Indonesia bakal ditempatkan di 3 zona. Diakses pada 30 September 2020 dari https://tekno.kompas. com/read/2020/03/04/18054197/server­cloud­ google­di­indonesia­bakal­ditempatkan­di­ 3­zona.

Silverblatt, A., Smith, A., Miller, D., Smith, J., & Brown, N. (2014). Media literacy: Keys to interpreting media messages. Praeger.

Sudibyo, A. (2019). Jagat digital (Pembebasan dan penguasaan). Kepustakaan Populer Gramedia.

Tapscott, D. (2009). Grown up digital: How the net generation is changing your world. Mc Graw.

Zuboff, S. (2019). The Age of Surveillance Capitalism: The Fight for a Human Future at the New Fron­ tier of Power. In PublicAffairs. Public Affairs.

Published

2020-11-06

Issue

Section

Book Review